Lepas Sambut Kapolres Bantaeng, Bupati: Kita Tidak Melepas Bapak

    Lepas Sambut Kapolres Bantaeng, Bupati: Kita Tidak Melepas Bapak

    BANTAENG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi 200 perwira tinggi dan menengah di Korps Bhayangkara pada awal tahun 2022 ini.

    Hal ini tercatat dalam surat telegram Nomor: ST/164/I/KEP./2022; ST/165/I/KEP./2022; dan ST/166/I/KEP.2022 pertanggal 24 Januari 2022, Dimana surat ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia, Irjen pol. Wahyu Widada.

    Kabupaten Bantaeng termasuk wilayah yang mengalami mutasi jabatan Kapolres dari pejabat lama AKBP Rahmat Sumekar, Sik, M.Si ke pejabat baru Kapolres Bantaeng, AKBP Andi Kumara, SH, Sik, M.Si.

    Pejabat lama sendiri bergeser sebagai Kapolres Sinjai, Sedang pejabat baru Kapolres Bantaeng sebelumnya menjabat sebagai Kasat Lantas Polrestabes Makassar.

    Acara Serah Terima jabatan telah dilakukan pada tanggal 10 Pebruari di Mapolda Sulawesi Selatan, Sementara acara lepas sambut digelar di Mapolres Bantaeng pada hari ini, Senin, 14 Pebruari 2022.

    Tradisi pedang pora menandai  penyambutan pejabat baru dan pelepasan pejabat lama Kapolres Bantaeng.

    Sementara penyambutan dan pelepasan secara formal dilakukan di aula mapolres Bantaeng yang diikuti oleh seluruh pejabat utama polres Bantaeng dan para Kapolsek wilayah hukum Polres Bantaeng.

    Panitia acara yang dikemas dengan tema lepas sambut itu, memberi kesempatan Wakapolres Bantaeng, Kompol Muh.Ali, SH menyampaikan kata sambutannya terkait pelepasan dan penyambutan pejabat lama dan pejabat baru Kapolres Bantaeng.

    Terhadap pejabat lama Kapolres Bantaeng, Wakapolres  mengucapkan terima kasih atas bimbingan selama kurang lebih 16 bulan menjabat Kapolres Bantaeng.

    "Dibalik semua itu sebagai manusia biasa kami meyakini bahwa kami beserta rekan-rekan Polres Bantaeng tentu banyak kekurangan, Dan pada kesempatan ini kepada AKBP Rahmat Sumekar kami atas nama jajaran polres Bantaeng memohon maaf ", Ucap Kompol Muh.Ali, SH.

    Kepada Kapolres yang baru, Wakapolres mengucapkan Selamat datang dan selamat bertugas di Kabupaten Bantaeng.

    Dia juga menyampaikan bahwa sebanyak 279 personil Polres  Bantaeng siap mendukung dan menerima serta siap diperintahkan untuk bersama melaksanakan gagasan yang menjadi harapan polri dalam menata organisasi polri yang presisi.

    Pada kesempatan berikutnya, AKBP Rahmat Sumekar, Sik, M.Si menyampaikan bahwa dirinya masih senang berada di Bantaeng kendati dipercaya memimpin polres Sinjai.

    "Hati saya masih disini pak Bupati, Namun sebagai kontrak negara siap ditempatkan dimana saja", Kata AKBP Rahmat Sumekar dihadapan Bupati Bantaeng.

    AKBP Rahmat yang menjabat selama 1 tahun 3 bulan 16 hari itu juga menyampaikan kesannya terhadap kabupaten Bantaeng sebagai daerah yang indah dan punya watak masyarakat yang baik.

    Dia juga menyampaikan terimakasihnya atas dukungan Bupati Bantaeng serta forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolres Bantaeng yang dinilainya sebagai kekuatan sehingga mampu menjalankan tugas sebagai Kapolres di Kabupaten Bantaeng.

    Dia juga menyampaikan selamat bertugas kepada AKBP Andi Kumara, SH, Sik, M.Si di kabupaten Bantaeng. 

    Sementara Pejabat Baru AKBP, Andi Kumara mengucapkan kesyukurannya menjabat sebagai Kapolres Bantaeng, Sembari dirinya meminta dukungan dari seluruh jajaran polres Bantaeng.

    "Ada 12 program Kapolri dan yang utama yaitu penanganan covid-19 sebagai tanggung jawab bersama", Terang AKBP Andi Kumara.

    " Ijinkan saya bersama istri menjadi warga Bantaeng untuk bersama-sama membangun Kabupaten Bantaeng", Kata Andi Kumara.

    Dihadapan Bupati Bantaeng, Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng dan sejumlah SKPD dan  Seluruh unsur forkopimda pemerintah Kabupaten Bantaeng, Andi Kumara mengajak untuk mendoakan AKBP Rahmat Sumekar sukses ditempat barunya sebagai kapolres Sinjai.

    "Kami mendoakan kepada Pak Rahmat Sumekar Semoga di tempat yang baru bisa melaksanakan tugas dan  berprestasi lebih tinggi", urai Andi Kumara.

    Bupati Bantaeng, DR.H.Ilhamsyah Azikin, M.Si berkesempatan Hadir menyampaikan sambutan terhadap pejabat baru dan pelepasan pejabat lama Kapolres Bantaeng.

    "Hari ini kita tidak melepas bapak", Kata Bupati terhadap AKBP Rahmat Sumekar.

    "Tapi kita mengantar bapak untuk bertugas di Kabupaten Sinjai", Ucap Bupati yang membuat suasana hening dan  haru undangan yang hadir.

    Bupati memuji semangat kebersamaan khususnya dalam menangani pandemi covid-19 yang pada akhirnya Bantaeng dapat mencapai target 70 persen sesuai pencanangan pemerintah pusat.

    "Termasuk bagaimana kita bahu membahu menjaga masyarakat Bantaeng tetap aman dan tertib serta tetap produktif menjalankan roda perekonomian ditengah masa pandemi covid-19", Ungkap Bupati.

    Bupati yang seringkali menyelipkan candaan di setiap penyampaiannya itu, menagih Kapolres Bantaeng untuk makan bareng sate kambing.

    "Supaya adil kita ketemu ditengah tengah antara Sinjai dan Bantaeng yaitu di kabupaten Bulukumba untuk makan sate kambing", Ucap Bupati ditujukan pada AKBP Rahmat Sumekar.

    Bupati berharap bahwa kepindahan ke Sinjai merupakan langkah penting menuju karier dan pangkat yang lebih tinggi.

    "Kepada Kapolres baru kami menyampaikan Selamat datang di Kabupaten Bantaeng, bahwa keberhasilan di Polrestabes Makassar sebagai Kasat Lantas dapat dilanjutkan di Bantaeng sebagai Kapolres ", Harap Bupati. 

    Bupati dengan gelar doktor bidang pemerintahan itu, menyampaikan bahwa tugas bersama kedepannya termasuk menjaga derajat kesehatan masyarakat Bantaeng yang menjadi salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Bantaeng.(*)

    Bantaeng Sul-sel
    Ryawan Saiyed

    Ryawan Saiyed

    Artikel Sebelumnya

    Pangdam Hasanuddin Sambangi Kodim 1404/Pinrang,...

    Artikel Berikutnya

    Kapolres Pangkep AKBP Ibrahim Aji Hadiri...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Penyusunan Naskah Akademik, Konsultasi Publik Ranperda Inisiatif DPRD Join DEKANAT SYNDICATE Consultant
    Penyuluhan Layanan Informasi Perizinan Berusaha  Melalui Media Elektronik, Cetak Sesuai Pasal 24 Ayat 2
    Delapan Ruang Lingkup Penyusunan Naskah Akademik, Ranperda Inisiatif DPRD Tentang Perizinan Berusaha di Daerah
    Konsultasi Publik Ranperda Inisiatif DPRD Tentang Fasilitas Penyelenggaraan Pesantren
    Polda Sulsel Gelar Minggu Kasih bersama Warga di  Dusun bullean Kel. Tiromanda  Kec. Makale Selatan, Kab. Tana Toraja.

    Ikuti Kami